Koass Stase Pediatri : Anak (2)

Haaaaaaaiiii.... aku mau cerita nih mumpung ada waktu hhhiii...
Setelah terlewati 2 stase mau sharing-sharing sedikit tentang apa yang sudah aku lewati
pertama tentang stase anak
wuuu.... baru masuk aja udah stase mayor, anak lagi.
Jadi pas dikasih tau, ini stase pertama, beberapa konsulen komentar "waaahhh boleh ya sekarang stase anak duluan, jaman saya anak itu stase pertengahan" atau "biasanya stase penyakit dalam dulu baru anak"
yaa... sepenggal kometar, dan kami hanya senyam senyum kecut malu-malu (????)

10 minggu di anak itu AMAZING
 AMAZING : Bingungnya, pressure nya, suka, senang, susah, sedih ,nya. Ilmunya, capeknya, tawa, canda dan tangisnya. Takutnya. yaaa... aku sangat-sangat-sangat merasakan di stase ini. Mungkin terutama buat aku, yang mendapat pelajaran sangat-sangat dan teramat sangat berharga yang akan aku camkan di otakku  baik-baik dan insyaallah enggak-enggak lagi bakalan kejadian, naudzubillah min dzalik :(

Selama 10 minggu (7 minggu stase RSUP, 3 minggu stase daerah). Dimana selama 6 minggu awal dikasih pembekalan di RSUP. ngerasain jaga malam yang bener-bener nggak tidur, eh pagi-paginya kayak zombie, dan pas lapjag ketiduran (ampuuun), visite, follow-up, balance cairan, dan first time bagging semaleman, Nebu, imunisasi dll. Yang nantinya, ilmu pembekalan ini lumayan tepake pas di stase daerah. Meskipun waktu di stase daerah kita belum boleh menentukan medikasi secara langsung (dalam artian harus melapor dulu ke supervisor baru boleh memberikan, baca: dr.Mirda dan kakajes). Dimana alat-alat nggak secanggih RSUP, sangat terbatas, begitu juga obat-obatan.

Di RSUP, Selama 1 minggu pertama, dikasih pembekalan materi sekilas pintas, konon katanya sudah diberikan saat kuliah sarjana dulu (oh iya, udah sarjana ya? belum ada gaji tapi :( *curhat) dan 5 minggu selanjutnya baru bekerja sambil belajar (atau sebaliknya?) di Bangsal sesuai divisi masing-masing yang ditentukan jadwal (dan per kelompok kebetulan aku masuk ke kelompok paling banyak orangnya, yaitu 7 orang ada kak pepes, lia, kak sri, kak ima, Delila sama magfiro). Misalnya minggu pertama kelompok aku di Divisi Gastro, Neuro, Gizi, minggu kedua di Respiro, Alim, kegawatdaruratan, infeksi, minggu ketiga di Kardio, Nefro, hemato, minggu ke 4 di neonatus, dan minggu ke 5 di pedsos. dan itu berotasi. Itulah koass,  dalam waktu seminggu berusaha mengejar semua materi sesuai kompetensi di divisi tersebut dalam waktu seminggu, dan tetooot, di hari terakhir di minggu itu, ujian. HIDUP KOASS! selain itu juga ada namanya case dan jurnal. *maunangisternyatabanyakbanget*

*Sebelum membahas stase daerah, mau curcol dikit ekekekek. Akhirnya aku dapet istilah-istilah baru dalam dunia perkoasan, kayak: Koas pembawa, koassulen, koas Pato dll yang menurut aku dulu sih, ahhh masa sih ada, dan ternyata beneran ada. Ah entah lah*
*Curcol lagi, meskipun berlabel doktermuda (dulunya koass), ternyata, memang belum ada apa-apanya. Iya.... bahkan, kalo jaga malam, berubah panggilan jadi sus sama ibu pasien. kan... kan.... agak gimana gitu :" ^Seketikahening^*

teman senasib case ujian akhir

Stase Anak batch 2 Maret-12 Mei 2015

Kelompok Kecil 56

Hospital Schooling

Kelompok Kecil Stase Anak

Lanjoot. 3 minggu stase daerah benar-benar sangat bermanfaat, yang kalo di RSUP kita cuma bisa mempelajari pasien, dan kebanyakan bukan standar profesi Dokter umum (tapi teteup harus dipelajari, seenggaknya kita harus tau meskipun itu penyakit level 1 sekalipun). Kesempatan kali ini aku dapet stase daerah di Kayu Agung dan seru banget! Beruntung juga dapet teman satu team yang seru, bisa diajak bercanda, diajak serius, diajak belajar. Jadinya selain dapet teman kelakar, juga dapet teman belajar. Liak, Imeh, Kinal, Yasnit, El, Digun, Depin, Propret, Fifi, dan Bangbos, Ditemani sama, KakAjescool, Residen yang menambah keseruan di KA, Love you All, muaaaach. 

Bakalan kangen masa-masa KayuAgung, jalan-jalannya, makan barengnya, mandi yang ogah banget di mess akhirnya ngungsi ke rumah El, karoke semaleman di kamar (karna kami gak pernah ke karoke room di KA, jadilah,kamar mess tempat pelampiasan), belajar barengnya, rumpinya, ngatain sesamanya, jahilnya, barisan kolor bejejer di tembok, kamar berantakannya dan semua-semuanya deh. Kami para-koas-koas kece, unyu dan linglung (?) ditempatkan di suatu mess RS dengan kamar cewek cowok terpisah tentunya. Dengan fasilitas seadanya, harus diucapkan Alhamdulillah yaaa. Masih dapat tempat gretongan :")

Di daerah... penyakitnya rata-rata standar dokter umum. DBD, Diare, thipoid, kejang demam, varicela, BP, dll udah jadi makanan sehari-hari di daerah. Terus kita menangani, mulai dari pasien dikirim ke bangsal, di anamnesis, dilaporkan ke supervisor:

Koas : Kak, pasien baru atas nama ini, masuk dengan ini, dengan keluhan ini ini ini, sekarang keluhannya berkurang, dengan kondisi ini ini
Supervisor : oh kalo gitu kasih apa dek menurut kamu?
Koas : ini dikasih segini kak, ini dikasih segini, ini dikasih segini,kak, bener kak?
Supervisor : setuju, eh, tapi yang ini bukan dikasih segini gak? ayo coba dicari lagi
Koas : eh iya kak, maksudnya segini kak, bener kak
Supervisor : Setuju

kemudian laporin ke perawat deh obatnya apa-apa ajaa, diterapi, isi status dan follow up, sampai pasien sembuh dan boleh pulang. Rasanya senang, kalo lihat pasien sembuh dan boleh pulang :"). Pernah juga kebagian resusitasi, lantaran apnu dan kondisi jelek sekali, udah masuk epinefrin tidak ada perbaikan, di RJP, diventilasi juga gak ada perbaikan, akhirnya ..... :") dan penanganan neonatus di ruang OK. Ah selain itu jangan lupa inform consent. Yang berat itu inform consent ke keluarga pasien, tentang kondisi anaknya buruk, dan meninggal. Cediih :") "Dek, kondisinya jelek, nyatakelah dek". Pengalaman super duper wuper berharga.   

Yang perlu diinget dan harus diinget, anak bukan lah minatur dewasa, jadi pengobatannya harus sesuai dengan pengobatan anak, jangan main, 1/2 x dewasa aja. Baik dok :))

dan dilanjutkan minggu ke 10 yaitu ujian. Meliputi ujian case, osce dan MCQ. Haaah khusus buat case, eke dan 2 temen eke sempat mengalami gonta-ganti penguji. Sempat desperate, dan berada dalam posisi tidak mengenakkan, semingguan enggak tenang dan deg-deg an mulu (soalnya dapet jadwal hari Sabtu) dan Alhamdulillah terlewati, OSCE yang super banyaaaak banget, 18 MEJA! Huffft,  dan berharap semoga hasilnya baik ya Allah. 

Stase Daerah Galery
makan makan

With Kakajescool

My birthday dan makan gretongan sponsored by: mamanya El

With dr.Mirda yang paling baik kayak ibu peri

Tim Kerja Selama di KA

Ini lagi waktu kosong kok Selfie nya :")

Tim Jaga , Mumpung Sepi, mumpung dingin :p

Masih Sempat Jalan-jalan kok

Katanya sih gak Afdol Kalo belum foto disini

Kita mau bimbingan dulu

Di mes tercinta dan masih sempat maeeen

Comments

Popular posts from this blog

Review Wahana Internsip Dokter

Chapter 10 : Koass Stase Obgyn

koass Stase IKK-IKM : Ikaka Ikaem