Review Wahana Internsip Dokter

before read this, you should visit @doksiptjpinang, to know more about us.

Halooo... buat para pejuang 'pemilihan wahana Internsip',  aku buat satu segmen khusus di blog ini mengenai review tempat internsip, soalnya junior aku udah ada beberapa yang nanyain nih "kak internsip dimana?Kak, enak gak internsip disana? kemaren milihnya gimana?" kasih tau gak yaaaa.......... :p

okay, to do point aja. Buat yang nanya, aku isip dimana?, sekarang aku masih internsip di salah satu wahana di Kepulauan Riau, RSUD Kota Tanjungpinang. Buat yang nanya Tanjungpinang itu dimana, please, lihat sendiri di peta, hayati lelah menjelaskannya :") :") :") Kenapa aku milih disini???? karena peminat nya banyak, artinya ada sesuatu dong disini (itu yang nanti aku review, kalian bisa nilai sendiri), artinya tantangan nih buat aku untuk bisa dapet wahana yang peminatnya banyak hahaha. krik. Terus ada yang nanya lagi nih, milihnya dimana kak? gimana? bla bla bla. Kalian bisa cek di postingan aku sebelumnya disini . Disitu aku paparin dari urusan pengurusan berkas sampe pemilihan dan sedikit strategi pemilihan. Oke ? Sip? Terus sekarang, point pentingnya, gimana isip disitu kak? Enak? oke, let me tell you.

Internsip dijalanin selama 1 tahun. Kita dibagi dalam 3 Rotasi, Puskesmas, IGD RS, Bangsal RS, masing-masing dijalanin selama 4 bulan. Untuk wahana RSUD kota Tanjungpinang, Puskesmasnya adalah Puskesmas Tanjungpinang atau lebih dikenal dengan pancur. Saat Internsip, kita masih ada dokter pendamping, masing-masing rotasi 1 dokter pendamping, yaaa seperti emak bapak kita lah, kalo ada apa-apa kita curhatnya ke beliau-beliau ini dan Pendamping untuk wahana ini the best banget lah pokoknya, baiknya kelewatan :"). Pada periode ini masih dr. Lisa (di Puskesmas), dr. Rowin (di IGD), dr. Nindo (di Bangsal). 

Menurutku, hal yang terpenting untuk enak atau enggaknya suatu wahana itu, pertama banget adalah, lingkungannya yang nyaman, orang-orangnya bikin nyaman, dan insyaallah i get it. Penduduk lokal sini yang jelas ramah, baik, masih santun, dan terpenting, teman satu wahanaku, the best lah insyaallah, walaupun suka rebutan jagaan :p tapi masih saling pengertian satu sama lain, saling peduli, saling mengasihi, aseeeek, sedap gak tuh?

Lingkungan tempat tinggal, Tanjungpinang..... panas wakakak :"). Kalau lagi teriknya, bikin mager mau kemana-mana, meskipun gak macet kayak di Palembang (bahkan tergolong lengang), tetap aja, yang namanya daerah tepi laut, panasnya ampun dah. Tapi kalau hujan, yaudah, bisa semingguan, dua mingguan hujan mulu, bikin enak buat bobok :P. Skip ajalah ini. hahaha. Oke, untuk periode aku sekarang, kami dibekali 2 rumah dinas, 1 rumah dinas Putri dan 1 rumah dinas Putra bersebelahan. Alhamdulillah yaa rejeki, dikasih rumah dinas, dan gak jauh ke RS gak pula jauh ke Puskesmas. Tapi ini gak permanen yaa... gak tau untuk periode berikutnya gimana, yang jelas kalau udah dibilang sama pemkot "nanti kalian ada rumah dinas" pokoknya urus aja deh sampe dapet tuh rumah. Ato kalo nggak mau tinggal di rumah dinas, di deket RS dan Puskesmas ada kos-kos an kok. Nanti tanya lebih lanjut aja, soalnya sebelum dapet rumah dinas, sempat nge kos hheeee..... 1 lagi pertanyaan penting, daerahnya aman gak? Hehehe. Maklum, karna aku dulu tinggal di daerah rawan copet, maling dan begal saat kuliah, jadi yang muncul pertanyaan ini, jawabannya insyaallah tanjungpinang masih lebih aman dari Palembang. Lu nggak harus ketekin erat-erat dompet lu, atau peluk tas lu sekuat mungkin kalo ke pasar. Tapi yang namanya kejahatan, asal ada kesempatan, akan muncul, ye kaaaan, tetap waspada aja. 

Transportasi. Tanjungpinang cuma ada Ojeg, Ojeg online, dan Angkot (tanpa jurusan khusus, biasanya Rp 5000 aja untuk angkot). Untuk para perantau macam aku, yaaa 3 itu transportasi yang bisa dipakai, atau... kalian bisa sewa motor murah (nanti bisa tanya-tanya lagi), atau kalau sanggup, kuat dan hobi, kalian bisa pakai sepeda. Jalanan Tanjungpinang aman kok buat pakai sepeda, apalagi cuma ke RS ato Puskesmas. Tapi ya itu... Heheh.... jalanan di Tanjungpinang naik turun naik turun, nyampe lokasi udah mandi keringat (pengalaman sih. hehe. soalnya selain 3 transportasi di atas, aku juga pakai sepeda). Atau lagi kalian bisa beli mobil atau motor seken, atau bawa langsung dari kota asal kalian deh (banyak kok yang gitu temenku), atau lagi nebeng sama yang punya kendaraan hehehe. Yang jelas, wahana ini tidak menyediakan kendaraan dinas. 

Puskesmas. Sistem kerja puskesmas dibagi 2, lapangan dan poli. Nanti jadwal rotasi ditentukan oleh dr. Lisa. Jam kerja mulai pukul 8.00 - 16.00 wib. Ada apel pagi. Senin-Jumat, dan Sabtu ada jadwal piket isi poli cuma dari jam 8.00-11.00 aja kok. Untuk yang dapet rotasi poli, biasanya dimulai pukul 10.00 atau... kalau kakak dr. tetap nya sedang ada kepentingan sebelum jam itu, kita bisa mulai poli lebih cepat. Untuk yang dapat rotasi lapangan. Itu jadwalnya menyesuaikan dengan kegiatan saat itu. Apakah posyandu balita, posyandu lansia, survey keluarga sehat, Bias, Penyuluhan, dll. Biasanya dr. Lisa bagi rotasinya, 3 orang di poli, 4 orang lapangan. yaaa berbagi ajalah kalo kegiatan lagi padet, heheh.  Nanti di akhir bulan ke 4, ada yang namanya mini project. itu tergantung dr. Lisa yaaa minpro nya apa.

IGD RS. Sistem kerja IGD rasanya lebih padat dari 2 rotasi lain, karena cuma dikasih jatah off 1 hari dalam seminggu :" awalnya berat, lama-lama menikmati kok, eleee. Jadi shiftnya dibagi 3, Pagi (8.00-14.00), sore (14.00-21.00), Malam (21.00-08.00). Jadwal shift ditentukan oleh pihak RS yaaa... karna berkaitan juga dengan shift dokter umum tetap disini. Jadi gak bisa atur sesukamu :), tapi gak ada yang larang kok buat tukeran kalo saat itu berhalangan. untuk 1-3 bulan awal, 1 shift diisi 2 internsip, nanti di 1-2 bulan awal masih ditemani dokter umum tetap, nah di bulan 2 tengah- 3 itu mulai ada jadwal dinas tanpa dokter umum, di bulan ke 4, ada jadwal dinas sendirian aja, tapi itu gak tiap hari kok. Untuk yang kebagian Shift Pagi dari Selasa-Jumat, wajib Apel! untuk hari Senin, itu ada Apel besar, dinas nggak dinas wajib hadir! karena setelah itu ada morning Report (yang buat slide dan presentasinya internsip, secara rotasi juga). Untuk rotasi IGD, ada tugas case 1 orang 1 case, dan wajib dipresentasikan.

Bangsal RS. Sistem Kerjanya ada wajib hadir dan Dinas. Wajib hadir dari hari Senin-Jumat jam 08.00 - 14.00 kemudian dilanjutkan dinas sore dan dinas malam sesuai dengan jadwal rotasi (jadwal shift ditentukan pihak RS). Untuk rotasi bangsal wajib apel dari senin - jumat dan morning Report pada hari senin. Disini ada 7 ruangan yang harus diisi saat wajib hadir, masing-masing pegang 1 ruangan. nanti rotasi per 2 minggu. Untuk dinas, per shiftnya jaga sendirian untuk seluruh bangsal di RS. Untuk rotasi bangsal, ada tugas case 1 orang 1 case, dan wajib dipresentasikan. 

Insentif dan Uang Jaga. hmmmm kayaknya ini pertanyaan yang paling banyak ditanya "Kak, disana dapet insentif nggak?" jawabannya, sampai detik ini masih, dan itu kenapa wahana ini jadi favorit :). Untuk nominalnya tidak bisa aku sebutkan secara rinci disini yaaa.... nanti bisa tanya langsung ke aku atau ke senior-senior kalian yang ada di wahana ini, soalnya kan angka bisa saja berubah setiap periode, ye kaaan? Ini eke rinci aja aja, apa-apa aja yang bisa didapat:
- Insentif Provinsi : nah ini seluruh wahana kepulauan Riau dikasih sama provinsi. selama 12 bulan. jumlahnya di bawah 1 Jt/bulan.
- Insentif Kota : Ini hanya kalian dapatkan selama rotasi puskesmas. Saat di RS tidak dikasih. Jadi hanya 4 bulan kalian dapat ini. nominalnya di bawah 1 jt per bulan.
- Insentif RS : Dari namanya udah jelas, hanya saat rotasi RS saja dapatnya. selama 8 bulan. Nominalnya di bawah 1 jt per bulan.
- Uang Jaga : Yang ini nominalnya tergantung seberapa sering kalian jaga yaaa.... Kalo Jaga sendiri nominalnya > Jaga berdua, kalau ditemani dokter tetap, maaf belum dapat. Hehe. Rata-rata, normalnya, untuk jaga IGD bisa dapet 5-7 kali itungan, untuk bangsal bisa 7-9 kali. Total sebulan kira-kira bisa 1-2 jt kalo normalnya yaaa... bisa lebih dari itu kalo jaganya lebih banyak.
- Uang Jasmed dan BPJS : yang ini mah tergantung amal ibadah aja.... rejeki-rejekian. gak nentu tiap bulannya. Tapi hanya untuk di RS yaa... di Puskesmas nggak dapet
- Uang P3K dll : ini untuk tugas di Puskesmas. ya uang jajan la nyebutnya. Kalo ikut P3K aja, atau lagi bulan imunisasi. 

Total????? BHD + Insentif = perbulan bisa 5-7 Juta atau bisa up Insyaallah, lumayaan cyiin buat modal sekolah, atau modal usaha, atau modal nikah ato buat plesiran :p

Lingkungan kerja. Cucok endes. Dokter spesialis, dokter umum, perawat, pegawai lainnya baik-baik kok, welcome, asalkan kitanya juga baik, ramah, sopan :) ini RS tipe C, sampai saat ini masih kesulitan untuk konsul ranap Neurologi, karna keterbatasan Dokter spesialis, selain itu, Oke. Kita diberikan wewenang untuk terapi awal dulu, tindakan, saat konsul juga seperti diskusi :" :" :" hanya saja, disni serba keterbatasan sarana dan prasarana medis. 

Hiburan. Alhamdulillah banyaaaak. Pantai, laut, mangrove, bioskop, mall, karoke ada disini dan dekat. Kalo mau ke negara tetangga juga dekaaaat. 

Biaya Hidup. Relatif mahal sih menurutku, kalau aku membandingkan dengan harga sebungkus nasi padang di Jambi. Disini harga sebungkus nasi padang dimulai dengan harga Rp 16.000 itu udah paling murah untuk lauk ayam. Sementara di Jambi harganya bisa Rp 10.000 dan enak :'. Tapi kalo bisa masak, lebih hemat lagi.

Izin Libur. Bisa banget. Tapi harus ada cara. Ijin dulu sama pendamping saat itu heheh. Nanti beliau yang bantu atur, soalnya dengan ijinnya kalian kan berpengaruh sama jadwal jaga yang lain. Jadi harus terkoordinasi. Yang penting kerjaan semya beres. Kalau mau ijin saat puskesmas, bisa lebih panjang dari RS, kalau di RS hanya bisa ijin 4 hari. Jika Ijinnya buat kegiatan ilmiah atau mau pelatihan seperti ATLS, ACLS, itu tersendiri jatah ijinnya. 

Kasusnya: relatif variatif dan lumayan banyak, standar RS Tipe C. Bisa banget buat upgrade ilmu, re-call pengalaman waktu koass.

Update Ilmu : Kalau mau minta bimbingan khusus dari konsulen, mereka dengan senang hati untuk mengadakan bimbingan 

Conclusion is..... menurutku, wahana ini masih layak diberi predikat  recommended, menurut kalian? Apa ada pertanyaan lain?



Kami semuanya ber 21 :

Dr. Mirza (alumni Unsyiah /Aceh)
Dr. Michael, dr. Kely, dr. Angel, dr. Wianry, dr.Halim (alumni UMI /medan)
dr. Yully (alumni UISU /medan)
dr. Stanley, dr. Eurika, dr. Maruli (alumni USU/ medan)
dr. Fauzul, dr. Akbara, dr. Fikri (alumni Unand /Padang)
dr. Thariq, dr. Dyo (alumni Uniba /Batam)
dr. Shelvia, dr. Syahid, dr. Bhagaskara, dr.Citra (alumni Unsri/Palembang)
dr. Sugiharto (alumni Ukrida/Jakarta)
dr. Khairunisa (alumni UMJ/Jakarta)

Comments

  1. Hahah. Iya Mar :") sedetik langsung ilang

    ReplyDelete
  2. Saya melihat ini di tahun 2020
    Kebetulan dr.dyo Abang tingkat saya 🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Chapter 10 : Koass Stase Obgyn

koass Stase IKK-IKM : Ikaka Ikaem