Single or Taken?

First of all, yang jelas, aku nggak mau memperdebatkan hal ini lagi, Insyaallah. Kalau pun masih ada yang mau memperdebatkan masalah ini sama aku, yaa tinggal bilang 'yaa... terserah deh, jalanin masing-masing aja'. Masalah nya aku teringat di suatu perdebatan hebat ( menurut aku ) beberapa waktu silam, tentang masalah 'Jomblo? Single? Belum punya Pacar? Punya Pacar?' and whatever lah itu. Rasanya kalo ngomongin masalah cinta kayaknya enggak akan ada habis dan di masa-masa sekarang, ataukah dulu juga? entahlah, setiap remaja, ABG, dan generasi muda sekarang, gencar buat koleksi pacar, rusuh kalo belum pernah pacaran, jomblo dianggap hina dan enggak laku dan sebagainya lah. Tapi untunglah, diantara pikiran-pikiran kayak gitu, masih ada orang-orang yang berpikirannya sebaliknya (tadinya mau buat pikiran positif, tapi gak jadi deh, soalnya yang beda persepsi tentang itu jadi ribet entar).
Jadi balik ke masalah perdebatan beberapa waktu silam itu, waktu itu adik tingkatku bertanya  
'kak, rasanya pacaran itu gimana sih?'
terus, temen aku yaa sebut saja... hmmm si x bilang 
'makanya dek, dicoba dulu, baru tau rasanya' 
lah aku kaget dong, dengan jawaban temanku itu. Masalahnya gini, aku menganggap adik tingkatku itu polos banget, iya... terus pemalu, gak banyak tingkah, berjilbab semi-syar'i, anak rohis pokoknya berpenampilan dia perempuan tau agama gitu deh (bukan berarti aku menjudge orang yang di luar kriteria dia gak tau agama, tapi biasanya orang yang melihat itu anak insyaallah mikirnya gitu) terus, dapet saran konyol macam saran temen aku itu. Ya jelaslah, aku, yang selama ini mendapat prediket 'kritis' harus mengkritisi ucapan temanku itu
"lah. kau gimana sih ngasih saran. Ga usah dengerin dek. kamu kan tau pacaran itu dilarang agama..." 
dan aku tidak ingat lagi apa yang aku ucapkan. Intinya, aku mengingatkan adik tingkatku itu untuk tidak melakukan saran temanku itu. Pikirku gini waktu itu, saran temenku itu sama aja kayak, kalo si adik tingkat itu nanya 'kak, rasa narkoba itu gimana sih?' terus dijawabnya 'ya cobain aja' nah kira-kira gitu, makanya aku kritisi. Tapi ternyata pernyataanku itu membuat temenku tersinggung dan malah menyerang balik kata-kataku 
"kau kalau gak tau gimana pacaran jangan sok tau, pacaran aja belum pernah" 
nah kira-kira gitu deh ucapan si x itu. Lah aku kaget. Akhirnya terjadi perdebatan karna lelah aku mencoba untuk diam saja. 
Semenjak itu aku jadi malas untuk memperdebatkan hal-hal semacam itu lagi. Kalopun ada yang berkomentar silakan. Kalo ada yang masih mau minta pendapat atau dsb masih aku layani sih, tapi selalu aku bilang "menurut aku sih yaa... kalo menurut yang aku baca" ternyata capek juga, mati-matian berargumen nyatanya zonk. pffft

Terus masih nanya, am i single? or taken?
Yes... i'm Single. Sepertinya aku pernah bahas ini sebelumnya.

have you been taken by someone?
no, never. Me... my future hubby's :)

'atau jangan-jangan gak laku?'
Barang jualan keles gak laku. Situ jual diri ya? Kok ngaku-ngaku laku gitu? Kalo aku sih gak ngerasa gitu yaa. Aku bukan barang dagangan soalnya :). Jangan sok tau kamu ah. Ini hidup aku. 

Kalo dibilang 'gak envy apa liat temen-temen pada ada yang perhatiin, kemana-mana bisa berdua, ada yang sayang dsb?' 
aku juga pasti jawab 'kadang ada perasaan envy itu' Tapi yaaa mau gimana lagi. kalo dipikir-pikir, masih muda, masih produktif, terus, kemana-mana berdua terus? Kapan mau mengepakkan sayap, mencoba hal-hal baru yang mungkin enggak bakalan dirasain dimasa tua? atau nggak bisa dicobain kalo cuma berdua? mencari sebanyak-banyaknya relasi? entar kalo berdua mulu, pas lo putus, siapa dong teman lo selanjutnya? 
soalnya pernah ada yang curhat sama aku gini versi cewek loh yang komentar
"lama-lama bosen juga yaa kalo kemana-mana berdua mulu... aku kadang juga butuh girl time. Tapi dianya selalu minta ditemenin"
 kalo dari cowok pernah bilang gini  
"aku bosen juga kali, kalo harus sama cewek aku terus. cowok nih butuh juga sama temen-temennya. ngomongin hal-hal yang gak bisa diobrolin sama cewek, ngelakuin hal yang gak bisa dilakuin sama cewek. kalo ditempelin terus, dilarang sama temen-temen aku, malesin juga kali"
'gak kepengen nyoba?'
Kalo ujungnya harus sakit hati lebih jauh, mending gak usah deh, makasih, soalnya, kebanyakan orang, buku dsb bilang, pacaran itu kayak halte, cuma tempat persinggahan. Kan sakit :( mending aku jadi tempat pelabuhan terakhirnya aja deh :)

'kan belum nyoba, gimana tau rasanya sakit hati?'
Sayang nya aku sudah merasakannya, belum jadi aja udah nyakitin, dan itu cukup membuat aku trauma untuk pacaran. Toh status nya sama-sama gak halal. Lagian, aku punya beberapa bukti empiris yang langsung aku dapat dari orang-orang di sekitar aku. Semacam penelitian obat ke hewan uji sebelum akhirnya obat benar-benar layak untuk manusia. Kita gak perlu jadi tikus dulu kan untuk membuktikan hasilnya?

'kalo mau jadi suami, kan harus kenal dulu, nah kalo mau kenal, kan enakan jadi pacar dulu?'
Situ pernah survey kagak? yang nikah tanpa pacaran sama nikah sebelumnya pacaran? Terus, apa yang gak pacaran lantas mereka gak kenal terus gak bahagia? mana tau yang gak pacaran sebelumnya, mereka udah temenan lama? atau mana tau mereka kenalan lebih jauh pas waktu udah halal? kan seru. Lagian juga tanpa pacaran juga bukan kayak beli kucing dalam karung keles. Kan ada proses juga, yang udah ada aturannya, kalo emang calonnya belum kenal sama sekali. Terus yang udah pacaran lama, langgeng gak? apa hambar? gara-gara udah kelamaan romantisan pas pacaran. ato pasangan nya berubah kagak dari yang dia pacaran? jangan-jangan selama pacaran pasang topeng palsu. Kejadian yang kayak gitu banyak looh. Tapi semoga pacar kalian gak gitu yaa.. :")

'Gak galau?'
Galau sih pernah yaa... dan mungkin masih, tapi mencoba 'God Always Love And Understand you' Wakakak. Kadang sih yaa kalau liat doi masih suka galau. Tapi yaa gitu deh... sibukin diri aja buat hal positif

'Yee... berarti masih suka-sukaan , cinta-cintaan dong'
Itu lumrah keles. Manusia keles. Gak ada cinta gak ada kasih gimana manusia mau idup?

'gak dinyatain?'
Biarlah menjadi rahasia dulu. Nanti keinginan jadi pacarnya makin gede, runtuh pertahanan haha'

'kalo dianya sebenarnya juga suka? dan nyatain?'
Duuuuh... makasih banget. cintaku gak bertepuk sebelah tangan

'Pacaran dong akhirnya?'
Siapa bilang... orang langsung nikah, langsung lamaran Haha

'kalo dia ngajak pacaran bukan nikah?'
Ah kepo kamu ah.... i have my own way to this case. Insyaallah dia mengerti penjelasan aku. Syukur-syukur malah dia lebih bertahan untuk aku, terus memang jodoh aku.

'Jadi gak mau pacaran nih?'
Karir aja dulu deeh. pendidikan dulu. i'm 21 years old dan target nikah aku masih 4 tahun lagi. Masih lama! Kalo aku pikirin soal ini terus sekarang yang ada karir sama pendidikan aku gak beres cintaku berantakan :") aku yakin, dia lagi berjuang dan mempersiapkan dirinya buat aku, dan aku juga lagi berjuang dan mempersiapkan diri aku buat dia. Siapapun dia, entah itu memang orang yang dulu pernah ada di masa lalu aku, atau sekarang, atau orang yang digosipin sama aku, ataukah dia sahabat aku, atau dia dulu musuh aku, atau dia orang yang baru aku kenal 2,3,4,5 tahun lagi,ataukah aku tidak sengaja ketemu dia, atau aku dijodohin, ataukah dia masih 1 keturunan suku sama aku atau beda, ataukah jangan-jangan bule pun, aku belum tau. Allah masih merahasiakannya untuk aku. Soalnya belum ada yang datang melamar buat nikah nih tahun ini :") doakan 4 tahun lagi aja yaa... aku ada di pelaminan
Kalo sekarang jalinin hubungan 
Laki-laki serius + Wanita serius = Pernikahan
Laki-laki serius + Wanita main2 = Digantung kayak jemuran
Laki-laki main2 + Wanita serius = Menunggu tak bosan2
Laki-laki main2 + Wanita main2 = Pacaran
masih main-main. Gila... hubungan kok jadi mainan :p. Katanya gak suka dimainin, Sakitnya tuh dimana?

kutipan yang aku ambil dari seorang Tere Liye
Single atau jomblo itu tidak selalu berarti nggak laku. Tapi sesuatu yang paling istimewa, selalu dijaga dengan baik selalu dikeluarkan di waktu terbaik dalam kesempatan dan cara terbaik pula. Bukan diobral.
Single atau jomblo itu juga tidak selalu berarti 'available'. Boleh jadi sudah 'taken', sudah ada plang besar di hatinya: 'Hanya untuk seseorang yang spesial dan SERIUS'.
*Tere Liye
jadi itu keputusanku. Terserah mau bilang aku belum pernah ngerasain atau gimana. Terserah juga mau mengikuti atau enggak. Aku tidak perlu jatuh ke jurang dulu kan untuk bisa tiba di puncak gunung? Kita masing-masing aja. Hidupmu ya hidupmu, hidupku ya hidupku.

Comments

Popular posts from this blog

Review Wahana Internsip Dokter

Chapter 10 : Koass Stase Obgyn

koass Stase IKK-IKM : Ikaka Ikaem