Sidang Skripsi Sarjana Kedokteran : Selasa, 13 Januari 2015

Hufffffttt.... akhirnya, kerjaan yang namanya skripsi ini akhirnya berhasil dipresentasikan dan Alhamdulillah tidak mengecewakan dan... selesai juga. Hahaha. Lega? Alhamdulillah lega banget, seenggaknya 1 syarat buat yudisium. DONE! nah. Sebelum ini berhasil diselesaikan,,,, duuuuh.... entahlah. Kebanyakan nunggu sebenarnya, nunggu kapan mood dateng, nunggu kapan bimbingan, nunggu kapan disidang. *jadi cewek itu emang harus nunggu ya?* #emaapcurcol.

Pertama-tama.... Alhamdulillah skripsi ini diselesaikan, sekarang tinggal revisi dan disahkan terus buat jurnal *ngelap keringat*
kedua maacii bingits sama enyak babe di rumah, di Jambeeeh, yang selalu, kasih support yang selalu bilang "kerjain laah skripsi tu... tapi jangan dibawa stress, selooow but sure" #bonyokgaul. dan tentunya doa "mama selalu doain lu kok Sel. Papa Insyaallah juga selalu mendokan sel"
and then adik-adik aku terutama emput
puput : kaaaak kapan sidang? bang Emil udah sidang tuh
aku : puut diem, jangan bikin stress, entar kakak bacok lu (???) #sumpahguegaksetegaitu

Rehan : kaaaak... cepetlah. abis tu balik ke Jambi

terus makasih juga sama nenek gaul nya aku (Uak.red). Nenek satu-satunya Selvi sekarang, yang selalu mendoakan Selvi jadi orang sukses "Assalamualaikum... Selpii... iya benar tu Selpi udah selesai ujian? tu apalagi abis tu?"
Ini ceritanya tadi pagi uak nelpon, cuma mastiin bener gak cucu paling berambisinya ini udah beneran disidang #untung belum ditanya kapan nikah (???)

terus terimakasih kepada seluuuruuuh keluarga besar, yang juga kasih support sebesar-besarnya, dan respon kaget sekagetnya. (Soalnya, aku emang gak bilang-bilang kalo mau sidang, paling yang tau cuma sama bokap, nyokap, adik-adik, uak (mama yang bocorin.red), penguji sidang, teman-teman kampus yang nanyain kapan aku sidang, sahabat-sahabat aku di kampus, Melpi yang emang nodong "sel, kalo mau sidang kabarin yaa... biar melpi doain", Sandra yang juga nodong "kapan sidang sel? entar aku bawain bunga", dan Bujangga (gara-gara dibocorin Sandra, BYE!)). Jadi ternyata, hari itu aku bebarengan dengan kakak sepupu aku yang di teknik telkom (Kak Shindy.red)  sidangnya, bedanya kak Shindy sore. Nah, mereka taunya cuma kak Shindy doang yang sidang. WAKAKAKA. Sampe akhirnya setelah itu, mereka baru tau bahwa aku juga sudah dan 1 yang harus aku sadari sekarang "there is no THR for me next Lebaran?" T.T sudah sarjana, kerja belum, THR gak dapet, sedih ya :( wkkk.

Terus makasih buat Sahabat-sahabat aku yang sengaja dateng buat aku, uuuuu terharu :" 

Terutama nih makasih banget sama pembimbing paling ketjeeh abieees deh pokoknya. dr. Awan dan dr. Hilda + penguji III yang supeeeer baiiiikkkk!!! dr. Nuswil.

Baiklah, ke pokok cerita. Jadi ceritanya gini. Aku sebel banget sama nasib aku awalnya, wkkk. Soalnya, aku udah lama kelarin olah data, tapi males banget buat cari teori untuk pembahasan, dan akhirnya aku disusul sama yang sidang proposalnya setelah aku. Barulah aku sadar 'waktuku sudah dekat'. Aku percepat gerakanku, eh... gak taunya... -__- dosbing 1 ku keluar kota seminggu. Waktu itu udah hampir akhir Desember, dan beliau pulang 30 Desember. Mameeen!!!! aku belum konsultasi lagi setelah sebulan lamanya dan ternyata beliau berangkat. Untunglah pembimbingku yang baik hati itu masih sempat mikirin anak bimbingannya 
"masih kekejarkan untuk sidang?" 
okee mamen, kira-kira deadline waktu kurang dari sebulan itu sebentar atau lama? kekejarlah dak

"Kalo gak kekejar, kamu malem ini ke rumah sakit aja sekarang"

itu jam setengah 9 malem, dimana jarak kosan dan rumah sakit itu sekitaran 15 menit pakai motor. Aku belum mandi dan pintu rumah sakit pasti udah mau ditutup untuk orang-orang yang dikira mau besuk karna gak punya ID card. Akhirnya aku tolak tawarannya dan memilih ketemu aja tanggal 30 Desember. Gila kan? aku menolak dosen nyuruh bimbingan? kurang apa coba aku jadi mahasiswi?

Sampe nyokap bilang gini "untung pembimbing lu baik, sebangsa killer, Allahualam" I know my lecturer mom, gaul kaaan, yang gak mau banget bales SMS dan kalo nelpon diangkat mulu, termasuk pas operasi, kalo emang sibuk malah beliau telpon balik. 

Singkat cerita, setelah bimbingan dengan pembimbing I barulah beranjak ke pembimbing II. Karena sudah hampir 2 bulan tidak menemui dosbing II, basa basilah ke rumah beliau, sambilan kebetulan ulangtahun. WAKAKAKAKA. Untunglah ternyata selama 2 bulan itu beliau keluar kota jadinya lupa kalo punya anak bimbingan. Yasudahlah, kami menunjukkan bakti kami kepada ibunda dengan mengingat tanggal ulangtahun yang ternyata salah -___-!

Tibalah hari dimana, temen-temen satu persatu udah daftar sidang, sementara lembar persetujuan sidang aku masih bersih. Ngerasa kalah dari yang lain dan dengan sifat yang gak mau kalah, aku bertanya pada dosbing II ku, kapan bisa di ACC dan beliau jawab :
"saya mau ACC kalo dosbing I sudah ACC. Nanti kapan aja kamu udah, langsung ke rumah saya aja, sorean. Bawa abstrak yaa... bawa naskah lengkap" oke fix. Akhirnya aku nanyain ke dosbing I "dok, jadi ini masih perlu revisi lagi gak?" jeng..jeng... jawabannya...
"gak usahlah, maju ajalah kamu" wkakakak. Akhirnya aku menyodorkan lembar persetujuan.
Barulah aku ke rumah dosbing II lagi untuk meminta ACC. Eh ternyata -___-

Dosbing II : "hooo kamu. Aduuuh kamu  ... gak nelpon saya dulu kalo mau kesini. saya lagi ngepel. yasudah, kamu tinggalin aja berkasnya, besok pagi kesini lagi, ambil yang sudah saya ttd in"
sodaraaa... agak ngenes waktu dibilang seperti itu. Kirain dengan bilang 'langsung ke rumah aja' itu artinya gak usah dihubungin kalo ke rumah. nyatanya? dan rumahnya itu jauh sodaraaa dari kosan. bisa setengah tiga perempat jam nyampe, dan macet. Tapi yasudahlah gak papa. Aku ikhlas :")

Jadi fix nih, udah di ACC kan... tinggal nentuin jadwal. Nah biasalah, masalahnya Selpi kan selalu disini. Susah nentuin jadwal. Nentuin hari A gak tau nya gak bisa. Gak ditentuin dan menyerahkan sesuai skejul dosen dibilang kan aku yang mau sidang. Jadilah pertama aku netapi hari Selasa. Dosbing I fix, Dosbing II oke, penguji "saya ada residen mau ujian 2 jam pagi abis itu saya USG Rabu di jam yang sama gimana?" oke aku pilih hari Rabu. Dosbing I mah oke-oke wae, Dosbing II katanya anytime penguji "aduuuh ternyata residen saya pindah jadwal ke rabu, kamu Selasa aja" oke ... pindah Selasa. Eh ternyata, dosbing II gak mau kalo aku jadwal pagi, temenku sebimbingan jadwalnya siang. Terancam batal sidang dosbing II kesel, cemas nilai bakalan malam, sidang nunda sampe minggu depan. Mau nangis aja, ada! Sampe aku panas-panasan ke rumah beliau untuk minta solusi, syukur-syukur undangan diterima, gak taunya "saya gak mau terima undangannya kalo jadwal kalian ber6 masih seperti itu, sidang aja sana sendiri" :( :( :( extremely zonk. Malah aku kena semprot. Yasudah, akhirnya ... "Akuu.... pulaaaaaaang.... tanpa diterimaaa" dan memutuskan untuk rapat urgent dengan kiki dan Bisma. setelah nego dengan mereka berdua, yup dapet juga hari Selasa itu jam pagi.

Jauh-jauh hari udah nyiapin materi, bahan presentasi. Pas H-1 malah keluyuran. Temen ada yang sidang soalnya, dan malem malah gak bisa tidur, sebentar sebentar kebangun. Tidur gak nyenyak dan berasa lagi mikir pas tidur. Batuk pula , deg-deg an dan mau muntah -__- dan paginya beneran muntah. Ini penyakit parah si demam panggung gak ilang-ilang.

Hari H. Dari jam 8 udah nongkrong di Kampus. Nelponin Penguji satu-satu. Karna penguji I jadi penguji juga di tempat teman jadi langsung mengabarkan di tempat. Dosbing II & III gak angkat telpon, SMS gak dibales. Mulaaaaiii parnoan. Gimana kalo batal sidang, gimana??? dan sekitaran setengah 9 penguji III angkat telpon. Done. Singkat cerita aku kebagian ruang tutorial V (kemaren pas proposal VI. Penting-banget). Jadi setelah si pemakai sebelumnya selesai sidang, ruangan belum dibereskan, laptop belum dinyalakan dan form penilaian masih sama mbak UPK, eeh penguji III dateng. *petanda apa ini*

yasudah, aku persilakan masuk di ruangan yang masih berantakan itu. Pas lagi beres-beres ruang, penguji II dateng. Makin panik. Seharusnya kan udah prepare setidaknya seperempat jam sebelum sidang, ini malah ngos-ngosan. Jam 9 lewat dikit, penguji I kelar menguji dan dateng ke ruangan dan aku baru memeriksa PPT *habislah aku*

Singkat cerita lagi, tanpa suasana rilex sidang pun dimulai. Aku mencoba menjadi orang paling tenang seantero meskipun dalam batin tidak. Setidaknya doa aku dalam hati "ya Allah, jangan batuk ya Allah, mau sidang ini ya Allah" dan Alhamdulillah..... gak batuk selama presentasi. *walaupun sekarang harus menerima kenyataan hari ini suara sekseeeh abis*

"Alhamdulillah ya Selvi, sudah menyelesaikan penelitian dan bagus sekali. Meskipun masih ada beberapa perbaikan, ya gpp lah namanya juga belajar" sandwich method bangeets penguji aku. Aku dijejal 4 pertanyaan dari penguji 3 dan 1 pertanyaan dari penguji II serta saran dari ke 3 penguji. Setelah itu disuruh keluar, karena perembukan nilai, dan masuk lagi untuk pengumuman nilai. Alhamdulillah, Bonam, yang ditakuti bakalan ngasih nilai malam karna moodnya kurang baik hari ini, nyatanya BONAM! Alhamdulillah terimakasih dok,! dan terakhir sesi foto bareng penguji :)
Keluar ruangan, yang menyambut pertama kali itu Ghea "selamaaat uniii" sambil nyodorin bunga, terus Titi "ceeel... gimana? selamet ceeel" sambil nyodorin bunga terus ada Maya sama Frandi "nah piik katek yang dateng budak" , Kiki "cakmano vi? ditanyo apo bae" hhee. Yang aku inget cuma itu.

Yaudah, setelah beberes ruangan, masuk lah kiki dan aku nunggu di luar. Sembari itu diajak Ghea sama Niken foto dulu. Huahaha dan abis itu, dateng Lisa dengan membawa bunga juga, Ririn dan setelah itu bubar. Aku kayak orang bego, disuruh nunggu sama rekan-rekan bingbong  sejam lebih, sedih gak sih? punya setumpuk bucket bunga tapi di kiri kanan lo gak ada orang? Aku sempat kepikiran mereka bakalan ngerjain aku, ternyata emang lagi ada kerjaan. Abis itu barulah berdatangan, El, Mutik dan Suci, barulah sesi foto bareng Bingbong. Dateng juga Deswan, Dika, Lia dengan unpredictable nya bawa bucket. Udah kayak jualan kan? hahaha. BTW thank ceman-ceman. cupcup muah-muah banget yaaaaaa.

Nungguin disitu sampe siang, soalnya ada temen yang mau nyamperin hehe. Udah deeeh. segitu aja. Betewe.... thanks Ngga, udah bikin sensasi fenomenal di Medsos, kok seolah-olah kayak CLBK gitu ye -_-

Thanks all. Insyaallah lulus yaaa... bisa wisuda 116 :)))

Gak nyangka, bisa juga seorang Selpi bertahan di zona yang sama sekali bukan zona nyamannya. 3,5 tahun dan sempat di dua tahun pertama pengen hengkang. Selpi yang ngotot banget bahwa otaknya cuma mampu bertahan dengan rumus matematika dasar dan dibilang sama guru bimbel "nilai kimia sama biologi kamu itu gak bagus, kalo saran saya kamu jangan ambil FK" tapi ternyata selpi tiba di titik tugas akhir perkuliahannya. Alhamdulillah ya Allah. Hamba-Mu yakin Engkau selalu berikan yang terbaik dan apa yang Hamba butuhkan :)

Comments

Popular posts from this blog

Review Wahana Internsip Dokter

Chapter 10 : Koass Stase Obgyn

koass Stase IKK-IKM : Ikaka Ikaem