Warna Suasana Hari raya

Lebaran kali ini mungkin lebaran yang sangat-sangat-sangat berbeda
sudah lama rasa nya gak mudik pas lebaran, padahal cuma tahun kemaren gak mudik, hmmm.... :/
mudik kali ini juga cukup lama, biasanya sehari sebelum lebaran pulang, terus tiga hari setelah lebaran balik ke Jambi, kalo sekarang bisa dihitung hampir 2 minggu disana
Kalo biasanya ngabisin waktu 'kebanyakan' di Solok,tapi sekarang banyak di rumah sakit :(
Kalo biasanya abis lebaran kedua ada arisan keluarga sama nginep di suatu tempat se keluarga besar, kali ini nggak ada
yaaaah beda deh pokoknya

diawali dengan kedatangan ke Solok, udah dilema, mau langsung ke Padang apa nggak. Nggak tau nya disuruh Uak (nenek) sama Angku (kakek) besok subuh nya aja ke Padang. Besoknya, pagi-pagi bener pas banget 17 Agustus (terus?) langsung ke Padang, singgah ke rumah bunda dulu (kakak papa), baru abis itu ke rumah sakit jenguk Makngah (alm. kakak mama). bener-bener speechless liat kondisi beliau. Dari awal liat gue bener-bener gak tau mau doainnya gimana, pas gue tau riwayat penyakit nya gimana, terus gue cari info sedikit dan sedikit banyak dengan pengetahuan yang gue punya, gue udah bener-bener speechless. Ah, gue banyak diem kemaren, dan firasat gue juga negatif, bukannya gak doain sembuh, gue doain semoga cepat sembuh, tapi ada semacam firasat yang pokoknya susah deh buat dijelasin.

sehari sebelum lebaran baru balik lagi ke Solok, pamit sama Makngah dan janji bakalan balik lagi lebaran kedua. biasanya nih, H-1 lebaran,suasana rumah di Solok itu udah bener-bener heboh banget, gue sama sepupu gue dulu sering ngumpet di kamar (you know why, wkk) tapi sekarang, kayak tenang banget, pas nyampe di Solok, apa-apa udah hampir kelar dikerjain.

Lebaran kali ini juga kerasa paling damai. Pemerintah dan Muhammad*yah juga sepakat lebarannya barengan. Jadi udah berapa lama yaaa gak liat lapangan merdeka Solok sampe melimpah jemaahnya :'). Hari itu bener-bener tenang deh menurut gue dan juga gue gak terlalu berebut kamar mandi kayak dulu -__-" you know, rumah uak gue itu gede, tapi kalo udah ngumpul, kamar mandi bisa ngantri nya kayak ngantri BBM lamaaaa banget. jaman gue kecil, uak gue cicitnya belum banyak, sekarang? huakakakak.

Abis solat yaaah salam-salaman, terus makan. Yang tradisinya ngehidang, makan di karpet gitu, tapi piringnyaaa banyak banget, nyuci nya itu lohhh :'| mana airnya ngalir kecil, jadi harus bolak balik ke bak di kamar mandi buat angkut air. Sempat ada issue kalo THR tahun ini gak ada, karena ada yang sakit. yang lain pada kecewa, berarti hilang satu keseruan di hari raya, tapi ternyata nggak, diadain juga tradisi itu huahahaha, lumayan, alhamdulillah :')

Abis itu, ngunjungi sepupu gue dulu,baru berangkat menuju Pariaman, yang wajib dilakuin tiap mudik. soalnya di Pariman tempat keluarga papa, Solok tempat keluarga mama, harus adil dong? sesampainya disana eh ternyata udah pada ngumpul, rame. Jarang-jarang lohh di Pariaman ngumpulnya hampir komplit gini, beda lagi kan suasananya :') sampe malemnya buat pertemuan keluarga dan buat pertama kalinya semuanya ngumpul tidur di luar, nggak di kamar. Lebaran kali ini juga diijinin mama main ke pantai, semenjak sering gempa di Sumbar, setiap mudik, mama nggak pernah mau lagi ke pantai, katanya parno, tapi tahun ini diijinin dan mama udah nggak parno lagi, aaaahhh, aku selalu suka pantai, dan pengen deh honeymoon nya ke tempat yang pantai nya bagus, ombaknya gede, anginnya kencang, pasirnya putih, karang nya banyak *LOL*

Next trip balik ke Padang, sesuai janjikan? langsung ke rumah sakit lagi, jenguk makngah, kondisinya masih belum stabil, abis dari RS, menuju rumah etek (kakak mama), buat halal bi halal lah istilahnya, makan se keluarga besar lagi, aaah gue selalu suka kalo keluarga besar gue ngumpul, rame! apalagi kalo ke 11 keluarga anak uak gue ngumpul semua, WAW banget, rumah segede itu penuh pasti :')

Sehari sebelum balik ke Solok, disempatin piknik se keluarga besar ke Pantai karolin, Padang. yang ini beda dari pantai pariaman. Ombaknya nggak gede, pasirnya beda, tanah pelabuhan gitu. Jadi bisa dipake buat berenang karena ombaknya nggak gede. Sepulang dari situ ke rumah pak etek Os (adik papa), masak masakan yang dimasak sendiri oleh adik papa itu, enak loh :') malamnya, ke rumah sakit sampe larut, soalnya nemenin makngah Haemodialisis, yang ternyata itu adalah HD yang terakhir beliau :'(

Besok pagi nggak ada yang penting, si Papa, ke pariaman lagi, soalnya mau reunian sama temen SMA, siangnya sebelum balik ke Solok, sempetin jalan ke Basko sama ke RS lagi dan itu adalah percakapan terakhir dengan makngah. Tapi beliau sempat berkata yang menurut gue itu cambuk aja buat gue, kalo ilmu gue masih cetek, gue harus lebih lagi menggali ilmunya. jadi waktu itu gue duduk di sebelah ranjang beliau, terus tiba-tiba sambil terbata-bata:

Mkngh : " Selvi kan dokter"
selvi : *hening*
Mkngh : "orang yang kekeringan diapain?
selvi : *bingung*
Mkngh : "kok diam? jadi dibiarkan aja ? sampe kering?"

masalahnya gini, beliau itu terkena gagal ginjal, dan otomatis dilarang banyak asupan air yang masuk ke tubuh, sementara gue manusiawi kasian kan? jadi sebaiknya dikasih apa nggak? T___T *lain kali gue harus cari tau permasalahan ini, harus!*
akhirnya setelah persetujuan orang yang biasa ngerawat beliau, gue kasih sekitar 2 sendok air. ya Allah, hambaMu tau gimana penderitaan beliau, begitu mahalnya kesehatan dan nikmatMu ya Allah, maafkan HambaMu yang selalu menyia-nyiakan apa yang selama ini Engkau berikan.

pas pulang, beliau sempat tos 3 kali sama Rehan, berpesan sama gue "rajin-rajin ya kuliahnya" dan sama mama "kalo terjadi apa-apa, ikhlas kan ya, innalillahiwainnaillahi rojiun" dan tidak disangka itu adalah kata pamit beliau karena besoknya beliau benar-benar pergi untuk selamanya. Selama ini beliau selalu memberi isyarat dengan 5 jarinya, yang ternyata itu pertanda, kalo beliau pergi tanggal 5 syawal, selama ia sakit, beliau selalu meminta maaf dengan semua orang yang mengunjunginya dan kebiasaan beliau yang suka melihat keluarga besarnya berkumpul, dan beliaupun pergi ketika keluarga besarnya berkumpul di saat lebaran, sungguh, kepergian yang membuat semua kehilangan, tapi benar-benar mengharukan, karena kepergiannya membawa banyak pesan moral yang baik, dan semoga kepergiannya benar-benar khusnul khotimah.

Kabar yang mengejutkan itu datang, saat, waktu itu rencananya hari itu keluarga gue berencana ke Payakumbuh, tapi nggak jadi, dan akhirnya hanya di Solok saja. Gue mengajak sepupu gue siang itu makan bakso deket rumah, awalnya ia mengiyakan, tapi tiba-tiba bilang sore aja, sebenarnya berat buat mengiyakan, hmmm... ada perasaan kalo sore pasti nggak jadi nih, tapi nyatanya kami pergi siang itu. Sedang duduk sambil ketawa-ketawa, ibu yy(kakak mama), menangis sambil bilang "makngah wak ndak do lai do" siapa sih yang nggak shock? lagi ketawa, tiba-tiba denger kabar kayak gitu? Hari itu juga semuanya disuruh ke Solok lagi, soalnya pemakamannya di Solok, dan seketika, rumah Uak rame lagi, rameeee banget-nget-nget, ratusan orang ada disana, tangis yang tumpah. :'0

Minggu, di saat semua udah pada balik, rumah Uak kembali sepi, kamipun balik ke Jambi. Yah, terlampau banyak cerita, kenangan, pesan, semoga bisa jadi pembelajaran buat aku dan orang-orang yang ada di sekitar ku. Amiin

Comments

Popular posts from this blog

Review Wahana Internsip Dokter

Chapter 10 : Koass Stase Obgyn

koass Stase IKK-IKM : Ikaka Ikaem