Koass Stase Kulit : di Kuyit i

HEHEHE
ini masih cerita tentang koass ku yang belum rampung aku ketik. Duuuuh males betul wakakaka. Selain laptopku yang entah kenapa sekarang ada motif daun kembarnya di layar (retak.red), lagi persiapan ukmppd (banyak gaya.red) dan kan bisa ngetik di HP? tapi my thumb is too big with handphone keypad, kalo ngetik kepanjangan (banyak alesan.red). Hahahah. intinya males aja. parah banget, padahal tinggal 2 stase lagi, dan parahnya lagi ini stase udah berlalu hampir 7 bulan yang lalu, untung sedikit banyak masih ingatlah. Gila lupa. wakakak. Aku udah gak beraturan gini distase itu, gak mungkin lupa lah :(
Dimulai dari kenyataan aku harus masuk stase ini, setelah keluar dari stase yang sangat melelahkan ku (anestesi.red). Ya Allah, akhirnya stase ini jugaaaa :"). Bukan apa-apa yaaa... setelah aku jalani ini stase, sebenarnya asik sih, ilmunya itu asik, jelas, bisa terlihat langsung, tapitapitapitapi......
Buku catatan harus disampul coklat dan plastik ya
buku logbook harus diplastikin ya
sepatu minimal 2 cm ya gak boleh bunyi
baju kemeja warna pastel ya, jilbab juga. 
baju harus dimasukin ke rok
rok harus warna gelap polos yaaa...
make up minimal yaaaa
case refrat harus dikoreksi yaaa.... 
harus jaga attitude dan etika yaa
nggak boleh telat yaaa
Kalo mau case sama ujian, pasiennya berurutan sesuai absen kalian ya
Okeee.... itu masih nggak masalah, yaaa lumayanlah,  cuma baju aja kali harus warna pastel, wakakaka. soalnya rerata bajuku warna warni, dan kebanyakan warna gelap :(, selain itu soal case dengan pasien yang berurutan sesuai absen, itu yang kurasa kampas banget -__-
Kenyataannya...... atau mungkin aku yang lagi-lagi kurang beruntung. Di awal aja aku udah menerima kenyataan "kamu case sama ibu xxx ya" alamak. Yang perfect dan kalau bisa jangan sama beliau deh, biar gak kena marah mulu, akhirnya aku yang mendapatkannya. Sebenarnya secara konsep aku suka banget, tegas, jelas, dan nggak macem-macem. Beliau pengennya aku dapet case secepatnya. Udah aku ajuin sama residen pembimbing nih, 

"Kak, aku maju sama ibu xxx, katanya kalo udah ada pasien gak papa duluan"

"Ohhh gak bisa dek, harus tetep sesuai absen, nanti yang lain kesinggung, kalo motong jalur, nanti H-1 aja" 

ZZZZZZZ. Bisa ngebayangi aku bakalan dibantai sebagaimana rupa? habislah aku.
Yaudahlah. Aku biasaaaa kok biasaaa banget dapet penguji yang menguji dan membantai habis. BIASAAAA :"( FYI. aku urutannya di tengah, nomer belasan. Majunya seminggu setelah pengumuman penguji, yaaaa... kalo secara logika kalo juga pasien rame, pasti dapet lah di minggu awal, tapi kenyataan nggak gitu. Mana kampas nya yang absen awal ini males nyari case di luar, ngarepin pasiennya dateng sendiri ke RS. Iya.... sampe kelar rotasi juga baru kelar kalo gitu semua. Sialan!

Berhubung RS tipe A susah banget dapet pasien yang sesuai kompetensi, berhubung lagi ibu xxx mengijinkan untuk mencari case di luar, akhirnya aku dan Frandi (sama-sama dapet ibu xxx) dan Lia (yang absennya di atas aku) berburu case untuk dibawa ke RS. Ya walaupun masih lama, tapi nggak papa lah, di awal udah nyari, jadi pas giliran langsung dapet. Ternyata nggak gampang looooh guys, FYI. Ya mungkin kalo gedor rumah satu-satu mungkin dapet kali yaaa.... dan mungkin kalo siang-siang juga bakalan dapet kali yaa... tapi masalahnya. 
1. jam operasional adalah jam 7.00 - 16.00 yang mana di jam operasional nggak diijinin nyari case diluar
2. setelah jam operasional ada bimbingan, test bla-bla yang memakan waktu sampe jam 18.00
3. belum lagi kalo jam jaga, yang gak boleh ke luar RS

Tim Drama Kulit

huuuuuufft.... ya berarti cuma ada waktu dari jam 18.00 sampe besok pagi. Ayo coba mau nyari dimana tengah malem gitu?????? Pokoknya, aku inget banget, start pulang dari RS kami bertiga nyari ke panti-panti, yang ternyata hampir sebagian besar panti sekitaran RS berjarak 5 km, anak-anaknya sudah diobati dan yaa... alhamdulillah, udah nggak ada penyakit kulit lagi. Kompak banget YAAAK wakakakaka. Kami bertiga memang so sweet sejak kapan tau, pokoknya semenjak tinggal bertiga, jadi ngerasa harus ngebantu satu sama yang lain. Paling malem kami jam 9 udah pulang. Udah capek juga. Kasian juga Frandi yang bawa mobil di tengah kemacetan. Wakakak. Satu yang berkesan, dari pengalaman berkesan lainnya, pernah  ketemu panti yaaa.... subhanallah banget. Rame minta ampun, di tempat yang kecil banget dan pas kami tanya-tanya isinya ada sekitar 70 anak. Ya Allah :") :") ntah bagaimana mereka bisa bertahan di rumah yang sebenarnya nggak layak buat nampung anak-anak sebanyak itu. Tapi Masyaallah, anak-anaknya sekolah semua dan setelah di cek ternyata.... wajaaaaaarrr.... penyakit kulit merajalela disini. Padat, ventilasi yang kurang, sempit, akhirnya mereka saling tertular satu sama lain. Setelah pencarian panjang akhirnya kami dapat case disini. Masing-masing diperiksa dan setelah izin dengan ibu panti untuk diambil gambar yang nanti akan dibawa ke RS, ibunya setuju.
"Nanti kami kabarin lagi ya buuu anak-anaknya kami bawa ke RS"
Hari demi hari berlalu, hingga H-3 masih giliran nomer 5. Ih ya ampun sumpah yaaa... geram banget sama absen atas, pasrah banget gitu. pengen rasanya maki-makiin mereka, nggak tau apa, kami udah dikejar deadline gini. Pernah sempat marahin salah satu dari mereka saking keselnya wakwkawkakwa.
H-1, giliran masih lama, tapi karena udah dipastiin H-1 boleh bawa, akhirnya aku bawalah case folikulitis aku ke RS. Yang ternyata guys..... ini case udah mengalami penyembuhan. Otomatis nggak boleh dong dipake. Duuuuuh kesel minta ampun. Soalnya kemaren waktu diperiksa masih bener-bener khas. Akhirnya dia diberi obat tapi batal jadi pasien case. Mau nyari dimana H-1 ini ya Allah :"( :"( mau nangis aja rasanya. Sementara Frandi pasiennya masih sulit dihubungi karena masih sekolah. Dia menyiapkan 2 case, tapi yang 1 menolak untuk berobat karena ujian, yang 1 belum ada kejelasan.
Sembari menunggu, jeng....jeng..... kami dipanggil ibu xxx 

"Sudah dapat pasien case kalian? kapan dapatnya? pasien apa?"

duhh duhh mau jawab apa ya ampun mau jawab apa ini

"sudah dok, pasien tinea, nanti siang dia dateng dok" kata frandi

"APA???? NANTI SIANG? MAJU CASE BESOK TAPI PASIEN BARU MAU DATENG NANTI SIANG?"

duuuuuuh beliau marah. Matilah matilah. Apalagi aku? mau jawab apa ? mau bilang "iya dok, pasien nya dateng tadi pagi, tapi sudah pulang soalnya nggak khas?" njiiiiiiirrr
"KAMU! PASIEN APA?"

"pa...pasien PV dok, dateng nanti siang juga" Jawabku asal. Aku terpaksa berbohong. Entahlah, semoga benar-benar dapet pasien nanti siang.
"APAAAA? SIANG INI JUGA? KALIAN INI NIAT GAK SIH? KAN SAYA SUDAH SURUH CARI DARI KEMAREN-KEMAREN, TAPI BARU MAU DIBAWA SIANG INI? KAPAN MAU KOREKSI? KAPAN MAU REVISI? POKOKNYA SAYA NGGAK MAU TAU, SIAP GAK SIAP BESOK MAJU!" Terus beliau keluar dari ruangan.

Duuuuh beliau makin marah. Duhh matilah. Sialan ini sialan. Sempat kesal sama pendamping, padahal udah bilang sama beliau, kalo ibu xxx boleh bawa pasien kapan aja, tapi dia ngotot banget kami nggak boleh motong jalur., yasudahlah aku pasrah. Aku udah Bete banget. Mana hari itu sepi pasien. Ya Allah.......
Aku pasrah bangetlah, desprate banget, mau nangis, mana siang nanti mau ilmiah, nggak bisalah sama sekali nyari. Terus akhirnya jadilah aku ke poli umum untuk meminta ke residen kalo ada pasien khas kompetensi sesuai diberikan ke aku dulu karena aku maju besok. Mungkin namanya jodoh, saat itu lagi duduk seorang pasien. Herpes Zooster Oftalmika, yang masih khas banget, baru kena beberapa hari. Matanya masih bengkak dan bintil nya masih lenting.  Entah ini rejeki ato musibah.

"Oh yaudah ini aja untuk case kamu dek" ujar kakak itu. Aku cuma nyengir sambil garuk-garuk kepala. 

Ya Allah..... doaku cepat banget dikabulkan, mau pasien, akhirnya dapet pasien. Tapi ini besok aku mau jawab apa ya Allah kalo ditanya-tanya teori. Masalahnya aku baru di stase ini seminggu, dan aku sudah lewat blok kulit yang super avatar itu sudah dua tahun yang lalu (Fyi, blok avatar adalah blok dimana cuma 9 minggu, yang isinya ada beberapa elemen ilmu ada kulit, mata, THT, neuro, dengan nilai akhir blok nggak nyame 80 an yang sudah dipastikan akibatnya kualitas ilmu seorang koassnya yaaa... sangat super standar).

"Ohh oke... mbak... ya... tapi ini bisa dipakai case untuk saya mbak? bukannya ini kompetensi 3? ibu xxx minta yang kompetensi 4?" tanyaku.
"adanya yang ini. siang nanti belum tentu ada" jawab mbaknya. aku manggut-manggut dan melaporkan ke pendampingku.
Singkat cerita aku anamnesis dan melakukan pemeriksaanlah pada pasien ini di bawah supervisi si mbak. Akhirnya aku bolos ilmiah, yang ternyata saat itu Lia yang maju (fyi sebenarnya nasib Lia lebih tragis, hari itu dia bawa pasien, setelah dilaporkan ke pengujinya, hari itu juga dia maju, belum buat makalah, dan dalam waktu kurang lebih dua jam pemeriksaan pasien, makalah dan PPT selesai).
Aku waktu itu udah nggak mikirin yang lain lagi. Mobilitas yang sangat tinggi, kesana kemari, ke lab yang jaraknya cukup jauh dari lab ke poli, konsul mata sama THT, memastikan nggak ada komplikasi dari pasien ini, karena pasien ini mengaku telinganya mengalami penurunan pendengaran, tapi setelah diperiksa, memang punya riwayat OMSK. Pemeriksaan selesai tepat saat poli tutup. :"( :"( :"( Beneran nangis.
"Yaaa udah sore mbak, revisinya gimana mbak?" tanyaku pasrah.
"Buat aja dulu, nanti hubungi aku lagi"
Beruntungnya aku jaga hari ini, dan FYI, pasienku adalah pasien terakhir, setelah itu nggak ada pasien lagi. Emang case itu untuk aku banget :( :( :(

Malamnya aku jaga pula. Parah. Wakakaka. Mengerjakan case yang tanpa persiapan mateng. Case terparah dan tertidak jelas yang bakal aku hadapi. Mana malam itu ada pasien kompresan. Tuhan. Skip saja hari esok. Udah nggak sanggup Tuhan. Rasanya mau nangis. Ditambah lagi kena ocehan residen gegara case nya masih berantakan dan aku masih banyak belum ngerti dengan casenya. Sabar ya Allah sabar. Apa kabar dengan teman se-per-case an ku? Frandi? Wakaakak. Sama parahnya. Maksudnya yang jelas dia lebih mateng ilmunya ketimbang aku, ditambah case nya juga udah sering banget diangkat "PV", tapi berhubung kami berdua sama-sama jaga malam itu, doi kayak orang "lu nyenggol gue bacok" wakakakak.

Skip

Besoknya. Hari eksekusi. Dimana kalo aku failed, yasudahlah RIP:( lebay kan. Jadi dijadwalkan acaranya jam 1. Parahnya, aku masih bolak balik fotokopian untuk fotokopi , jilid dan teman-temannya. Lelaaaaaaah. Hingga saat nya tiba, kesalahan terbesar adalah membiarkan Frandi presentasi duluan. Iya. Itu kesalahan terbesar, karena habis itu... aku yang kikuk ini dibantai :( setengah mateng. Ditambah penguasaan materi yang cuma sepersekian persen. Luckily me, tidak disuruh mengulang presentasi. Yaaa... aku kali ini beruntung.
Tim Jaga Paling Berisik HAHAH
(Frandi, Imeh, Lia, Selpi, Aul)

Lanjut ke rempongan referat. Apa aku kurang ikhlas, kurang doa atau apa, penguji aku itu baik bener, cuma pas ngajuin judul "iya dok, saya dapet tema urtikaria" tak pikir urtikaria secara umum, enak toh buatnya, bisa bandingin berbagai jenis urtikarianya. Ternyata.... "waaaa urtikaria umum sekali, kamu bahas urtikaria kronik ya" kan jeder. Sementara teman seper refratan ku, ketrin dapetnya dermatitis atopi. Mau nangis :"( :"(. Kalo bahas urtikaria akut mah enak ya. Secara simptom dan sign nya enak jelasinnya, kompetensi dokter umum pula, eh ini. Udah nyari berbagai jurnal, kadang dapet kadang gak, sekalinya dapat cuma separagraf, kadang kontennya sama pula dengan jurnal lain. Refrat macam apa ini cuma 2 lembar :". Terus udah nyari buku, sampe sengaja nongkrong di perpus buat obrak abrik buku, termasuk buku beliau (beliau penulis buku), eh ketemu konten bagus, ternyata.... buku tahun 1985 dimana kondisi fisik masih diketik mesin tik. Huaaaaa. Ditambah lagi, pembimbing aku, yang nggak bisa bantu banyak "waaa maaf dek, coba kamu cari dulu, mbak juga ndak ketemu" yasudalah. Pokoknya 4 minggu gajelas itu aku ngerjain referatnya, jadi juga walaupun walaupun lah. Mungkin endingnya dapat caci maki. Sekali lagi kesalahan terbesar adalah membiarkan orang lain maju duluan. Dimana ketrin udah sangat siap dengan materinya dan aku rasanya ingin kurobek saja referat ini. Benar saja, aku paling banyak dapat kritikan karena refratku masih saja bersifat umum. Subhanallah. "Kamu mau dikasih nilai kan? Nggak mau ngulang? Kalo gitu perbaiki refrat kamu, buat se spesifik mungkin" 😥😥😥😥😥

Kisah pilunya datang lagi pada saat akan ujian. Sampe-sampe teman-teman bilang "ckkckckck sial nian caknyo nasib kau sel di kulit ini ckkkk"
Jadi begini ceritanya. Pada hari senin minggu ke 5 mulai deg-deg an, karena bakalan mengguncang penguji ujian. Dan tara.... sejarahnya kalo goncangan nasib aku nggak sial-sial banget tapi dibilang beruntung juga ndak. Akhirnya. Aku dapet nih, penguji enak. Seneng dong ya... tapi ternyata "nah kan ibu itu cuti" jeder..... karna alasan itu digantilah pengujiku dan.... aku kembali mendapat penguji killer. Hhhhh yasudahlah, ilmu ikhlas aja lah lagi ini. Jadwal maju hari rabu. Pasien sudah ada. Flashback sedikit tentang pencarian pasien yang super dramatis. Jadi kali ini aku nyarinya cuma berdua Lia pake motor. Frandi ndak ikut, dia sibuk. Eleeee...
Jadilah kami berdua ngebolang. Dari setiap sudut kota palembang. Setelah berkeliling akhirnya kami tiba di gandus. Ketemu di sebuah perkampungan yang cukup kumuh menurut aku, akhirnya kami bertemulah dengan pak RT nya. Dengan baik hati pak RT mencarikan kami pasien. Kami mendapatkan beberapa kandidat, tapi sepertinya hanya 2 yang diterima tinea kapitis (pasienku) dan tinea corporis (pasien lia). Kami pulang dengan tersenyum. Setidak kami tidak pusing dengan pasien saat ujian.
Saat giliranku membawa pasien, yasudah pasiennya diperiksa. Waaaa pasiennya bagus banget ini, konsulennya suka banget jarang-jarang ketemu (tinea kapitis kerion.red). Nah... sekarang timbul masalah, ini pasien ternyata bukan cuma kena 1 masalah kulit, tapi adalagi. Yang pitiriasis alba nya lah, yang pitiriasis versikolor nya lah. Disaat orang lain ada 1 diagnosis, aku tiga. Okelah. Masih ndak papa lah masalah lagi, yang dipegang pengujiku ini ada 3 orang dan kami masuk bebarengan, artinya kami bertiga harus menguasai materi 5 sekaligus. Mendalam. Wassalam dan lebih parahnya lagi, status harus dikumpul 2 jam setelah pemeriksaan tanpa koreksi pembimbing 😥😥😥😥😥😥.

Pada hari rabu. Udah sangat pasrahlah aku. Semua materi kayaknya udah mulai terbang-terbang. Udah nggak bisa fokus. Hhh... yasudahlah, aku ikhlas kalo harus 2 stase mengulang. Badainya keras. Eh ternyata, pengujinya nggak bisa hari itu, disuruh tunda, besoknya jam 7 pagi. Langsung skip hari Kamis, udah nunggu di konter. Udah keringet dingin, pucet mau muntah, mau nangis, mules dan campur aduk. Kami bertiga (rofifa, wafa) sibuk mondar mandir ngeliat pintu masuk, liat jam. Udah mulai nggak tenang. Ternyata pengujinya baru datang jam 9 😂😂😂😂😂.
Kemudian disuruh masuk ruangan konfre. Tarik nafas buang. Kami bertiga duduk di hdapan beliau. Sekilas aku liat, beliau tampak tenang, mood baik. Semoga sampai akhir gak ada adegan pengusiran. Yap. Ternyata Allah mendengar doa hambanya yang sudah sangat teraniaya ini. Selama ujian baik-baik saja, mulus, beliau nggak marah sama sekali walaupun kami ada yang lupa-lupa, malah ngajarin, dan malah diajak bercanda 😂😂😂😂 sekali lagi, ini adalah keberuntungan dalam wujud lainnya Selvi. Kami keluar ruangan ujian dengan bahagia. Bahkan, pendamping kami pun heran dan salut, bahwa hari ini pengujinya sangat dalam keadaan mood yang baik. Diapun optimis kami lulus. Aamiin. Alhamdulillah. Walaupun pengujinya sempat sedikit mengkritikku krna untuk materiku sendiri kurang mendalam penguasaannya. Maafkan saya dok.

Tapi balada pasienku yang super complicated ini belum kelar. Karna dia butuh pemeriksaan lebih lanjut, aku masih harus tetap dampingi. Padahal saat itu aku akan segera osce selepas MCQ. Aku bingung mau menghdapi yang mana, di satu sisi, aku masih harus menyelesaikan ujianku, disatu sisi aku masih punya tanggung jawab terhadap pasien, karena keadaan tedesak, aku ijin dengan residen poli, karena aku harus ujian siang itu, aku berlari ke ruang ujian, frandi menelepon karena pengawas ujian mulai marah, kalo dalam waktu dua menit aku tidak di lokasi aku tidak diijinkan ikut. 😥😥😥😥😥😥😥. Untungnya dia menelepon saat aku sudah berada di depan pintu departemen. Sekali lagi aku beruntung walaupun saat masuk aku sempat diinterogasi "niat gak sih ujian?" Tapi Alhamdulillah Ujian pun selesai.

partner cari pasien kuuuu
Lia :)

Bicara soal stase pagi. Kami diwajibkan hadir sebelum pukul 6.45, ngumpul di SB, diabsenin satu-satu, terus dikasih pertanyaan, kalo gak bisa dikasih PR, besok ditanyain lagi, dan begitu seterusnya, lalu disambung dengan ilmiah pagi,  Setelah ilmiah pagi, jam 9 wajib ke poli. Mengisi ruangan yang sudah ditentukan. Lab, Poli umum, poli ims, poli infeksi, poli DI, poli tumor, poli kosmetik dan beberapa poli yang mungkin belum aku sebutkan. Nah dipoli inilah diwajibkan punya status, pokoknya 1 poli harus ada kecuali lab sama poli umum, sampai jumlahnya ada 10 status. 1 pasien hanya boleh 4 orang yang menuliskan status yang sama. Btw tim jaga pagiku bersama koassmate ku yang tersayang.

Jaga. Iya dikulit ada jaganya, setelah aku tanya ke beberapa univ, beruntunglah disini ada jaganya :(. Ini termasuk jaga tersantai kalo nggak lagi ada pasien IGD. Kalo ada pasien, hhh sudahlah, hektik. Selama jaga kerjanya makan, bobok, kerjain tugas, kerjain orderan, apalagi kalo bukan follow up dan kompres pasien. Tim jaga yang super berisik selama aku koass wakakak. Ada Imeh, Lia, Frandi dan Aulia. Ada aja bahasan obrolan, terutama aul sama frandi Bisa ngobrol sampe pagi kalo g disuruh diam sama lia. Kami berlima suka berebutan jam mandi karena kamar mandinya cuma 1. Biasanya sih aul yang terakhir hahaha. Pasien yang kebanyakan dihadapi pas jaga sih eritroderma, angioedema, dermatitis pada pregnancy, bahkan kadang miliaria pun ada sempat dateng pasiennya :(.

Overall, stase ini asik. Ketemu orang-orang se stase yang nyinyir dan lucu, nggak sikut-sikutan seperti kata orang-orang, walaupun kami hampir saja kena marah 1 kloter gara-gara salah paham, saat itu sedang ada tim penilai RS, katanya koass sebaiknya jangan ke poli dulu, pergilah kami, eh gataunya :") :") misskomunikasi.

Squad Kulit yang paling Heboh 


Terimakasih stase kulit


21 November - 26 Desember 2016


Comments

Popular posts from this blog

Review Wahana Internsip Dokter

Chapter 10 : Koass Stase Obgyn

koass Stase IKK-IKM : Ikaka Ikaem